Cari Blog Ini

Kamis, 22 Maret 2012

ABSTRAKSI PERINGKAT KINERJA OPERATOR (PERFORMANCE RATING).


ABSTRAKSI


Adam Taufik.H. (35409809), Agung Wicaksono (34409081), Nandang (36409481), Ulfi (34409109), Yogy Firmansyah (30409456).
PERINGKAT KINERJA OPERATOR (PERFORMANCE RATING).
Laporan Akhir Praktikum, Laboratorium Menengah Teknik Industri, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2010-2011.
Kata kunci: kinerja operator, waktu baku, tas jinjing.

Salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam meningkatkan produksinya yaitu kinerja operator. Kinerja operator sangat mempengaruhi tingkat efisiensi seperti biaya dan waktu penyelesaian. Operator yang baik bekerja secara normal, dimana operator yang bekerja secara nomal adalah operator yang bekerja tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat dalam menyelesaikan pekerjaannya. Peringkat kinerja operator digunakan untuk mengukur apakah seorang operator dalam bekerja dengan cepat, normal, atau lambat dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Peringkat kinerja operator pada penulisan laporan akhir ini diaplikasikan ke dalam pengukuran kinerja operator dalam merakit tas jinjing. Pengukuran itu sendiri dilakukan dengan mengukur waktu kerja operator dalam menyelesaikan perakitan tas jinjing sebanyak 30 kali. Perakitan tas jinjing ini dipilih karena biaya yang dikeluarkan sedikit dan pada saat proses perakitannya terbilang cukup mudah. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perakitan tas jinjing relatif cepat. Penulisan laporan akhir ini diharapkan dapat diketahui kinerja dari operator dalam merakit tas jinjing. apakah operator bekerja terlalu cepat, terlalu lambat, atau normal. Waktu kerja tersebut nantinya akan digunakan untuk mendapatkan nilai uji keseragaman data, uji kecukupan data, waktu baku, kinerja kedua operator, kinerja kedua rater, dan perbandingan layout.
Hasil uji kecukupan data menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari waktu kerja kedua operator dalam merakit tas jinjing sudah cukup untuk memenuhi tingkat ketelitian 5% dan tingkat keyakinan 95%. Waktu baku dalam merakit 1 unit tas jinjing untuk operator 1 selama 358,772 detik dan 353,15 detik untuk operator 2. Dari hasil waktu baku kedua operator terlihat bahwa operator 1 dan operator 2 memiliki waktu baku yang berbeda. Kinerja operator 1 lebih cepat dibandingkan dengan operator 2 dilihat dari waktu baku yang dihasilkan kedua operator dan grafik kinerja kedua operator. Kedua rater tidak layak menjadi seorang rater karena melebihi persentase kelayakan rater sebesar 5%. Layout operator 1 lebih baik dibandingkan dengan layout operator 2 dilihat dari susunan layout yang mempengaruhi waktu baku kedua operator dan kinerja kedua operator.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar